9 Jul 2012

Papan Nama

(Disalin sesuai dengan isi Lampiran Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 162.A Tahun 2011 Tentang Sistem Administrasi Kwartir Gerakan Pramuka)

Sudah kami rangkum dan kami sesuaikan beberapa contoh gambar papan nama (plang) dari kwarnas, kwarda, kwarcab, kwarran dan gudep. Memang keterangan yang ditulis di sismintir terbaru ini kurang begitu jelas, karena contoh yang diberikan adalah gambar plang Kwarnas. Gambar yang ditampilkan pun tidak mewakili ukuran yang seharusnya, silahkan kakak lihat gambar di bawah ini, gambar ini kami scan dari buku sismintir terbitan langsung dari kwarnas :


Coba kakak perhatikan gambar di atas, gambar latar belakang tunas kelapa yang berwarna kuning itu seolah-olah adalah sebuah persegi, tapi ukuran yang ditulis adalah 166 cm x 100 cm. Jadi bentuk asli dari papan nama ini tidak akan sebagus yang ada di buku petunjuk. Perlu diingat bahwa panjang kolom kanan dan kiri (100 cm pada gambar di atas) adalah 20 % dari panjang keseluruhan, karena untuk tingkat daerah ke bawah, ukuran panjang kolom kanan dan kiri tidak disebutkan di buku sismintir, jadi penulis membuat perbandingan sendiri untuk menentukan ukuran papan nama kwarda ke bawah. Sedangkan ukuran panjang kolom tengah adalah 60% dari panjang keseluruhan, pada gambar di atas adalah 60% dari 500 cm = 300 cm. Font yang digunakan untuk menuliskan nama Kwartir adalah ARIAL.

Di bawah ini adalah gambar-gambar papan nama Kwartir daerah, cabang, ranting dan gudep. Gambar-gambar ini adalah gambar hasil perkiraan kami, karena memang petunjuk yang sudah ada belum benar-benar lengkap. Jika kakak menemukan kesalahan dalam gambar ini dan mempunyai petunjuk yang otentik, mohon memberikan komentar dan akan segera kami perbaiki.





Mungkin kakak menemukan warna yang tidak matching, ukuran yang tidak sesuai, kurang menarik, dll. Tapi inilah yang ada di manual book (sismintir) dan tentu saja harus kita ikuti dan terapkan di lapangan.

Untuk mendownload petunjuk lengkapnya silahkan kakak klik disini.

Demikian sedikit tentang gambaran papan nama kwartir dan gudep dari kami, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran mohon tinggalkan komentar. Salam Pramuka!

1 komentar:

Adi Nurrokhim, S.N mengatakan...

mantab kak!
minta follow dan jadiin sahabat blog dong kak..
cybe-rnewbie.blogspot.com

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejakmu

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification