1 Des 2011

Sandi Bulan Bintang

SALAM PRAMUKA!!!

Halo kakak-kakak semua... saya Farid, saya adalah anggota Gerakan Pramuka dari Kwarcab Lampung Timur. kali ini ingin sedikit mempromosikan sandi saya,, heeheeee.... promosi, tapi sebelumnya saya ingin bercarita dulu tentang kegiatan Pramuka terutama kegiatan membuat sandinya,,
Pramuka adalah kegiatan yang sangat menarik. apa lagi ketika kita sudah sekian lama mengikutunya. salah satunya kegiatan menarik dalam kegiatan pramuka adalah membuat sandi.

Sandi Pramuka, sandi adalah sesuatu yang tidak asing ketika mengikuti pramuka. Ketika kita bisa membuat sandi, kita bisa menggunakannya sebagai sandi rahasia yang hanya teman kita sendiri yang tahu. sebenarnya membuat sandi itu tidaklah sulit, bahkan sebenarnya sangat mudah,  ketika membuat sandi kita bisa menggunakan sesuatu di sekitar kita. Seperti kali ini saya membuat sandi yang saya namakan sandi bulan bintang. sandi ini saya buat ketika saya mengamati sandi kotak 1 dan sandi kotak 2, pada intinya sandi bulan bintang ini sama dengan sandi kotak 1 maupun sandi kotak 2. selain mudah dipahami sandi ini juga mudah dihafal, sandi ini saya buat dengan huruf abjad urut searah dengan jarum jam, yaitu urut memutar kearah kanan. dan ketika ada huruf yang berada di kotak atau garis yang sama mungkin kakak-kakak akan sedikit bingung. cara kita mengerjakan sandi ini ketika berada dalam kotak atau garis yang sama adalah kita bisa mengurutkan dari abjad yang paling  kecil terlebih dahulu, contoh bisa lihat gambar dibawah ini :
Sandi Bulan Bintang

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Demikian sedikit tulisan saya tentang sandi, semoga bermanfaat untuk kita anggota Pramuka di seluruh Indonesia. Jangan lupa terus kunjungi blog Pasukan Kusumayudha ini untuk info-info kepramukaan yang lain. Salam Pramuka!!!
Lihat profil lengkap Muhamad Farid Dahlan di Facebook.

2 komentar:

32hyo mengatakan...

Waah sandinya menarik sekali! Bolehkah saya pakai sebagai sandi dalam cerita yang akan saya buat? Tentu saja akan saya cantumkan credit :D

Scout of Lampung mengatakan...

silahkan kak, kami sangat menghargai jika kakak mencantumkan sumber.. :)

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejakmu

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification