21 Nov 2011

Survival

A.   Mengenal tanaman yang mengandung karbohidrat dan protein.
Hidup di alam bebas, kita harus pandai-pandai memilih makanan, jenis binatang atau tanaman mana yang bisa atau tidak boleh untuk dikonsumsi, termasuk harus dapat membedakan tanaman atau binatang mana yang dapat digunakan sebagai sumber energi.
1.      Umbi-umbian
Tanaman ketela rambat, talas dan singkong banyak tumbuh di dalam hutan. Tanaman jenis ini menyimpan banyak karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh kita. Hati-hati dalam pemilihan singkong, banyak jenis-jenis singkong yang beracun. Ciri termudah membedakan singkong yang dapat dimakan adalah singkong yang memiliki buah, batang dan pangkal daun yang berwarna kemerah-merahan.
2.      Buah-buahan
Ada banyak sekali buah-buahan yang sudah kita kenal, yang sebagian dapat tumbuh alami di hutan. Contohnya adalah buah nangka, kelapa, jambu biji, ciplukan, sentiet, belikbing-belimbingan, dll. Hindari buah yang mengandung getah dan yang belum pernah kita kenal sebelumnya.
3.      Biji-bijian
Biji-bijian terkadang dapat kita temui di sembarang tempat, seperti jagung, padi, kacang-kacangan dan lain sebagainya.
4.      Batang pohon
Batang  pohon pun dapat kita gunakan sebagai sumber energi, seperti batang pohon enau, sagu, rotan dan tebu.

Gunakan binatang-binatang disekitar kita untuk mendeteksi keberadaan makanan. Hampir semua makanan yang dimakan monyet dapat dikonsumsi oleh manusia, hati-hati jika menemui buah yang mengandung getah berwarna putih pekat. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk makan agar tetap survive, dengan perut yang kenyang otak dapat berfikir dengan jernih untuk melakukan hal lain.



B.     Bahan survival untuk obat. 
  1. Akar alang-alang dapat digunakan sebagai obat lecet atau sayat, fungsinya adalah untuk mempercepat pembekuan darah. Caranya carilah akar alang-alang kemudian dikunyah-kunyah lalu tempelkan pada luka yang sakit.
  2. Daun kayu putih sebagai obat sakit perut dapat kita gunakan daun kayu putih dengan cara direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan diminum untuk mengobati sakit.
  3. Daun papaya dapat digunakan sebagai obat malaria, rebus daun papaya sampai layu, peras airnya lalu makan daunnya.
  4. Madu dapat digunakan sebagai obat jika tersengat lebah. Oleskan madu pada luka yang sakit.
  5. Bawang Putih untuk mengobati sakit gigi, caranya tumbuk rimpang bawang putih, lalu masukkan pada lubang gigi yang sakit.
  6. Mentimun, buah ini dapat digunakan untuk mengobati luka bakar karena sifatnya yang dingin, lulurkan air buah mentimun pada kulit yang terbakar.
  7. Putri malu, rumput berduri ini dapat digunakan sebagai obar sariawan, caranya rebus akarnya hingga mendidih, lalu minum air sisa rebusan tersebut.
  8. Jahe dapat digunakan sebagai obat batuk, caranya tumbuk rimpangnya lalu tambahkan air dan diminum.
  9. Melati dapat digunakan sebagai obat asma, tempelkan daunnya di kepala dan minum air rebusan bunga melati.
  10. Randu dapat digunakan sebagai obat penurun panas, tumbuk daun atau akarnya, rendam lalu minum airnya.
  11. Sirih dapat digunakan untuk mengobati mimisan dan sakit mata. Untuk mengobati mimisan cukup dengan menyumpalkan daunnya pada hidung, sedangkan untuk mengobati sakit mata cukup dengan meneteskan air dari daunnya ke mata.
Masih banyak sekali kekayaan-kekayaan alam di sekitar kita yang dapat kita manfaatkan. Apalagi Indonesia merupakan negara yang cukup kaya dengan alamnya. Cukup dengan menjaga kelestarian alam dan menfaatkannya secara bijak, rakyat Indonesia pasti dapat hidup makmur dan mandiri. Semoga Bermanfaat. Salam Pramuka!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejakmu

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification