28 Feb 2011

Contoh Daftar Hadir Latihan Pramuka

Untuk melatih kedisiplinan peserta didik perlu dibuat sebuah sistem kerja yang baik, namun tetap harus memiliki nilai kemandirian dan rasa tanggung jawab yang harus terus diterapkan oleh Anggota Pramuka. Salah satu penerapan kedisiplinan adalah dengan mengisi daftar hadir latihan si setiap kali berangkat latihan di gugus depan. Namun agar sistem ini bekerja dengan nilai tambah, maka akan lebih baik kalau daftar hadir latihan dilaksanakan per regu, sekaligus melatih tanggung jawab dari si ketua regu.

Di bawah ini adalah contoh halaman muka (cover) dan ini dari buku daftar hadir latihan regu. Model dan bentuk dapat dibuat sesuai dengan keinginan dan selera adik-adik anggota pramuka. Halam muka dapat juga dibuat oleh kreasi adik-adik sendiri.
Cover Buku Daftar Hadir Latihan
Pada umumnya latihan rutin di gugus depan dilaksanakan sebanyak satu kali saja dalam satu minggu, sehingga absensi dilaksanakan cukup 4-5 kali saja dalam satu bulan. Di bawah ini adalah contoh isi lembaran absensinya, silahkan buat 12 halaman seperti ini (absensi untuk satu tahun) :
Halaman Absensi (Klik gambar untuk memperbesar)

Buatlah skema di atas menjadi sebuah buku saku kecil yang mudah dibawa, bagikan kepada setiap ketua regu dan berikan tanggung jawab kepada mereka untuk mengisi dan menyimpan buku tersebut agar tidak rusak atau hilang. Mudah-mudahan hal kecil seperti ini menambah sedikit kemampuan Kepramukaan adik-adik kita. Salam Pramuka...!!!

2 komentar:

ajeng SDN CITEUREUP 03 mengatakan...

Thx Pemberitahuannya .. oh iya gmn cara bikin cover bukunya ???? pke apaan ??? soalnya itu saya bukan lampung<<< syaa di bogor!!

dodi setiawan mengatakan...

pake microsoft word juga bisa ..

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan jejakmu

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification