29 Agt 2009

Sandi Koordinat


Sandi di dalam Kepramukaan adalah salah satu media pembelajaran yang baik bagi peserta didik baik pramuka siaga, penggalang, penegak maupun pandega karena dapat melatih ketelitian, daya ingat, kecerdasan dan konsentrasi. Pemakaian sandi pramuka dalam menyampaikan ilmu pun harus disesuaikan dengan golongan pramuka itu sendiri sehingga dapat diterima dengan mudah namun tujuan dari pembelajaran itu tetap tercapai.

Ada banyak macam-macam sandi dalam kepramukaan dan kedudukannya pun tidak harus baku, sehingga nama, jenis dan cara untuk menjawabnya pun dapat berbeda menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah. Salah satu contoh sandi yang mudah adalah sebagai berikut :

Sandi Koordinat adalah sandi yang menggunakan dua buah kunci untuk menentukan koordinat huruf setelah dipertemukannya dua buah huruf kunci dalam satu titik. Kunci pada sandi koordinat dapat ditentukan oleh si pembuat berita, masing-masing kunci adalah dua buah kata yang masing-masing kata terdiri dari lima buah huruf. Kunci ini nantinya harus diketahui oleh si penerima berita untuk menerjemahkan isi berita.


Contoh Sandi Koordinat :
Kunci : MERAH PUTIH

Kunci yang ditampilkan di papan dapat ditulis seperti contoh di atas.

Contoh soal : AP, MP, RI, MI, HP
AP = P
MP= A
RI = N
MI = D
HP = U

Demikian artikel tentang Sandi Koordinat dari Pasukan Kusumayudha. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk kakak-kakak sekalian, pantau terus perkembangan informasi-informasi terbaru dunia Kepramukaan pada blog Pasukan Kusumayudha ini. Salam Pramuka!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejakmu

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification